STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP KARYA BHAKTI MEDAN

Dalam suatu lembaga pendidikan, kepala sekolah memiliki peran yang
sangat menentukan maju mundurnya sebuah lembaga pendidikan karena kepala
sekolah mempunyai peran yang sangat besar dalam mengembangkan sebuah
lembaga pendidikan sebagaimana tercantum dalam UUSPN 2003 Bab II pasal 3,
yang berbunyi sebagai berikut: Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan
kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam
rangka mencerdasakn kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi
peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa, berakhlak mulia sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan
menjadi warga negara yang demokratis dan serta bertanggung jawab.
Untuk mewujudkan tujuan nasional tersebut, salah satu cara yang bisa
ditempuh untukmencapai tujuan pendidikan nasional yaitu melalui peningkatan
mutu pendidikan karena adanya peningkatan mutu pendidikan akan dapat
mengikuti perkembangan dunia ilmu pengetahuan bahkan dapat mewarnai
dinamika masyarakat.
Dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan khususnya pendidikan agama
Islam, kepala sekolah harus mengetahui segala perubahan dan perkembangan yang
terjadi dalam lembaganya. Adanya tenaga pengajar yang professional dan yang
tidakprofessional dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan akan mempengaruhi
proses belajar mengajar, karena mereka harus mampu mewujudkan tujuan
pendidikan dan juga menghasilkan peserta didik yang mampu menguasai ilmu
pengetahuan dan teknologi serta beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.