Pendidikan Karakter Dalam Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Pendidikan karakter adalah pendidikan yang mengamalkan sifat individual.
Pendidikan ini mengakibatkan prilaku seseorang terutama pada peserta didik untuk
dapat mengubah secara totalitas, transparansi serta dependebality pembelajaran.
Dalam desain pembelajaran mengajarkan tentang keutamaan perencanaan,
pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Hal ini menghantarkan pada integritas dan
progresivitas pendidikan. Mutu kualitas pembelajaran akan meningkat bila
pendidikan yang dilalui desain pembelajaran terutama pada pendidikan karakter
juga semakin progresif dan inovatif.
Pendidikan karakter melalui desain pembelajaran tidak hanya sebatas pada
penguatan kompetensi peserta didik dalam memahami isi materi pelajaran, tapi juga
menghantarkan idealitas transformatika keilmuan pada pengembangan karakter
peserta didik. Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap
perkembangan remaja. Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri.
Menunjukkan sikap percaya diri. Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku
dalam lingkungan yang lebih luas. Menghargai keberagaman agama, budaya, suku,
ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional. Mencari dan menerapkan
informasi dari lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain secara logis, kritis, dan
kreatif. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan
inovatif.Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi
yang dimilikinya.