Penggunaan Model Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Semester 4 STAIDA

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran Active Learning tipe Quiz Team pada mata kuliah Evaluasi  pembelajaran semester 4 (empat) STAIDA . pembelajaran aktif yang melibatkan pembelajaran yang terjadi ketika siswa bersemangat, siap secara mental, dan bisa memahami pengalaman yang dialami. Metode penelitian ini dilakukan berdasarkan metode penelitian tindakan kelas.Prosedur kerja dalam penelitian tindakan kelas menurut Kemmis & Taggart dalam Arikunto (2006), meliputi tahap-tahap sebagai berikut: Perencanaan (Planning), Tindakan (Acting), Observasi (Obsering), Refleksi (Reflect). Tahapan yang dilewati adalah pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Sampel yang digunakan berjumalah 30 orang mahasiswa STAIDA yang mengikuti mata kuliah evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan pada pra siklus sebesar 58,7 % hasil pada pra siklus belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Pada siklus 1 didapat nilai sebesar 75,5 %, hasil pada siklus 1 menunujukkan peningkatan hasil belajar mahasiswa. Pada siklus 2 sebesar 91,2 % sudah mencapai hasil belajar yang ditargetkan. Model embelajaran Active Learning tipe Quiz Team dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa, hal ini terlihat dari hasil tes yang selalu mengalami peningkatan. Selain bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar secara kognitif, penerapan Model pembelajaran Active Learning tipe Quiz Team juga dapat merangsang antusiasnya dalam belajar serta menyenangkan bagi siswa. Kesimpulan yang dihasilkan adalah penerapan model pembelajaran Active Learning tipe Quiz Team dapat meningkatkan hasil belajar Mahasiswa melalui mata kuliah Evaluasi Pembelajaran semester 4 (empat) STAIDA baik aspek kognitif secara khusus, dan psikomotorik serta afektif mahasiswa secara umum.